Kamis, 08 Maret 2018

PERANAN PENUH BANK INDONESIA BAGI NUSANTARA

        Bank Indonesia (BI) adalah bank sentral yang ada di Indonesia. Bank Indonesia mempunyai nama lain yaitu De Javasche bank yang digunakan pada masa Hindia Belanda ketika menduduki Indonesia.Kantor Pusat Bank Indonesia berada di jl.MH Thamrin no.02,Menteng, Jakarta Pusat,jk 10310. Namun Bank Indonesia mempunyai cabang di seluruh wilayah Indonesia, sehingga memudahkan aktivitas BI di Indonesia.
       Bank sentral Indonesia mempunyai satu tujuan tunggal. Tujuan tunggal yang ada pada BI,yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.Kestabilan uang rupiah mengandung dua aspek yang berbeda. Dua aspek yang terkandung dalam kestabilan uang rupiah adalah kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa,serta kestabilan terhadap mata uang negara lain.
      Profil dari Bank Indonesia banyak sekali dijumpai dan midah dicari di internet. Sayangnya, informadi dari bank Indonesia sering diabaikan. Masyarakat hanya sekedar tahu mengenai keberadaan Bank Indonesiadan fungsi Bank Indonesia. Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa fungsi dari Bank Indonesia hanya mencetak atau mengeluarkan uang.
     Bukan hanya mencetak uang, fungsi Bank Indonesia lebih dari mencetak uang. Beberapa informasi tentang BI yang belum diketahui masyarakat ada banyak sekali. Antara lain, profil BI ialah Jenis, Nama terdahulu, Kantor Pusat, Tokoh Penting dan juga pemilik BI dari berbagai informasi tersebut jarang sekali diketahui oleh masyarakat indonesia tentunya.
      Jenis dari Bank Indonesia ialah Bank Sentral ada selain menjaga kestabilan nilai rupiah ada juga tujuan lainnya. Beberapa tujuan yang ada pada Bank Sentral ialah menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan mengawasi Bank. Bank Sentral mempunyai wewenang untuk mengawasi setiap kegiatqn bank - bank yang ada di Indonesia.
      Dulu saat masa Hindia-Belanda menduduki Indonesia, Indonesia mempunyai nama De Javasche Bank. Nama tersebut digunakan untuk sebutan Bank Sentral Indonesia di masa itu. Kantor pusat Bank Indonesia berada di Jakarta pusat. Tetapi, di Indonesia ada banyak sekali cabang Bank Indonesia cabang-cabang BI terletak di seluruh daerah layanan BI yaitu Indonesia.
       Tokoh penting yang ada pada BI diantaranya adalah Agus Martowardojo sebagai Gubernut BI dan Mirza Adityaswara sebagai Reputi Gubernur, kedua tokoh tersebut merupakan tokoh penting yang ada di Bank Indonesia. Tanda tangan dari gubernur BI yaitu Agus Martowardojo selaku tercantum pada uang yang dikeluarkan oleh BI, tetapi hanya uang kertas saja.
       Dengan adanya BI ini tentunya lebih bermanfaat lagi bagi masyarakat dan pemerintah Indonesia. Peran Bank Indonesia mendukung seluruh kegiatab transaksi didalam maupun luar negeri. Dengan fungsi BI untuk mengatur dan menjaga kelancaran sistem devisa, tentu akan membantu pemerintah dalam keperluan dana demi menyejahterakan masyarakat. Bukan hanya itu, kinerja dari Bank Indonesia yang ada di Indonesia akan lebih terjamin dengan adanya pengawasan.


penulis : Widiya P 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Warta Smeksapur