Jumat, 09 Maret 2018

Sosok Inspiratif Pembimbing Journalist Blog Competition


Ismaya Indri Astuti, S.Pd. (24), atau biasa dipanggil Bu Maya. Beliau adalah salah satu guru yang bisa dibilang multitalen. Beliau mengajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial di SMK Negeri 1 Purwoasri. 3 tahun berada di SMK telah membuat sosok beliau mudah beradaptasi di lingkungan pendidikan yang sebelumnya beliau berada di dunia Jurnalistik.

Sepak terjang beliau di dunia Jurnalistik tidak perlu diragukan lagi. Hal tersebut dimulai ketika beliau duduk di bangku perkuliahan, selain disibukkan dengan tugas kuliah yang begitu banyaknya, namun beliau masih bisa meluangkan waktu untuk mengasah skill menulisnya. Pada tahun pertama kuliah, Bu Maya bergabung menjadi anggota Bidang Penerbitan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Tidak hanya itu, tahun kedua ia menjabat sebagai Kepala Bidang Penerbitan, lalu tahun ketiga menjadi Editor di Zafir Magazine (Majalah Fakultas Ilmu Sosial). 

Selain disibukkan dengan organisasi, beliau juga mendapat tawaran untuk bergabung dengan Freelance Writer (Penulis Lepas) di KapanLagi.com bersama kedua temannya yang berasal dari Jurusan Sastra Inggris. Selama 2 tahun, beliau bekerja paruh waktu bersama kedua rekan kerjanya hingga keahlian menulis artikel tidak pelru diragukan lagi.


Pengalaman menulis Bu Maya telah memgantarkan beliau menjadi salah satu Delegasi Indonesia di ajang World Festival of Youth and Stsudents di Rusia. Pada waktu seleksi, Bu Maya menulis penelitian berkaitan Kebudayaan Panji Kediri, dan tidak pernah disangka oleh beliau, bahwa beliau ternyata lolos seleksi untuk mengikuti kegiatan tersebut yang sudah diadakan sejak berkahirnya Perang Dunia II.

Ternyata, pengalaman beliau menulis membuat Direktorat Kebudayaan Republik Indonesia tertarik mengajak beliau untuk membuat proyek menulis tentang sejarah lokal. Saat ini, selain mengajar beliau juga disibukkan dengan proyek menulis sejarah lokal tentang Sri Aji Jayabhaya. 

Disela-sela kesibukan dan jam terbang beliau yang tinggi, Bu Maya juga masih sempat untuk memberikan bimbingan kepada kami yang sedang mengikuti Journalists Blog Competition yang diadakan oleh Radar Kediri, meskipun tak jarang kami sering ditinggal oleh beliau. Meskipun begitu, namun beliau selalu memonitoring hal-hal yang kami kerjakan sudah sejauh mana. 

Kami berharap, dengan adanya lomba ini dan adanya bimbingan dari beliau dapat memberikan ilmu baru tentang apa itu dunia menulis.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Warta Smeksapur