Jumat, 09 Maret 2018

Panji Collage: Lukisan Tridi dari Biji

Berbagai macam lomba yang diadakan oleh School Contest XI membuat Convention Hall Simpang Lima Gumul riuh-ramai dan banyak pengunjungnya. Tidak seperti biasanya, kali ini Convention Hall dipenuhi oleh peserta School Contest yang berasal dari siswa-siswi dari SMP dan SMA se-karisidenan Kediri.



Salah satu lomba yang tidak luput dari sorotan ialah Panji Collage. Panji Collage adalah lomba yang mengusung tema tentang sosok Panji. Ragam cerita Panji yang begitu banyak bisa membuat para peserta mengimajinasikan konsep penggambaran sosok Panji dalam ragam apapun, seperti dalam cerita Ande-Ande Lumut, Enthit, Keong Emas, Panji Laras, Timun Emas, dan lain sebagainya.

Panji Collage merupakan lomba lukis namun cara mewarnainya dengan biji-bijian hingga menimbulkan kesan timbul atau 3D. Lomba Panji Collage diikuti 11 peserta yang berasal dari siswa-siswi SMA dan SMK. Setiap tim dalam Lomba Panji Collage terdiri atas 3 orang.

Para peserta begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Hal tersebut dibuktikan dengan barang-barang pendukung yang begitu uniik dan menarik, seperti biji kacang ijo, beras merah, kacang tanah, biji padi, parutan kelapa, bunga jengger ayam, bunga kamboja, dan lain sebagainya.

Lukisan Panji Collage ini dituangkan dalam selembar kain, lalu diwarani dengan biji-bijian yang disebutkan diatas. Biji-bijian tersebut direkatkan dengan berbagai macam lem yang tentunya sudah dipersiapkan sendiri oleh para peserta.


Banyak peserta yang memutar otak untuk menemukan berbagai macam biji-bijian supaya tidak sama dengan peserta lain. Beberapa peserta bahkan ada yang membuat parutan kelapa menjadi salah satu penggati biji, sebab jika dilihat seksama tekstur parutan kelapa juga tidak kalah menarik dengan biji-bijian.

Para pengunjung pun terpukau dengan ragam kreatifitas yang ditampilkan oleh para peserta Panji Collage. Bahkan tak jarang, para pengunjung menanyai para peserta Panji Collage yang sedang berkonsentrasi menuangkan idenya dalam sebuah lukisan. Meskipun begitu, para peserta tetap menanggapi berbagai macam pertanyaan yang dilontarkan oleh para pengunjung.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Warta Smeksapur