Jumat, 09 Maret 2018

PERANAN PENTING BANK INDONESIA BAGI NUSANTARA

Bank sentral ialah bank yang memegang simpanan bank lain dan menggunakannya untuk sattlement pembayaran dengan bank lain. Di Indonesia bank sentral biasa disebut dengan bank Indonesia. Adanya bank Indonesia sangat berpengaruh bagi seluruh kegiatan transaksi di Indonesia.
Mencetak uang ialah salah satu tugas dari bank Indonesia. Bukan hanya itu bank Indonesia juga berhak menyerap kembali uang yang kualitasnya sudah menurun serta memusnahkannya. Tidak hanya sebatas mencetak dan memusnahkan uang, bank Indonesia juga mempunyai beberapa tugas lain. Diantara tugas-tugas yang ada bank Indonesia bertiga suntuk kebijakan moneter, sistem pembayaran, dan makro prudential.
Kebijakan Moneter, maksud dari tugas tersebut ialah keikutsertaan dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan moneter. Sistem pembayaran ialah penentuan sistem pembayaran secara tunai atau non-tunai. Makro prudential yaitu suatu proses pengawasan lembaga keuangan secara keseluruhan.
Bank Indonesia juga membantu penyelesaian masalah diantara bank-bank. Misalnya lender of the last resort, maksudnya adalah meminjamkan uang ke suatu bank yang telah dipinjam dari bank lain. Apabila bank yang dipinjami tidak mampu membayar pinjamannya, maka bank Indonesia akan memberikan solusinya.
Terjadinya inflasi juga Diatasi oleh BI. Inflasi yang ada diatasi dengan cara memberi rekomendasi kepada kepala daerah. Hal tersebut ditujukan untuk menjaga kestabilan harga yang ada. Stabilitas ini akan membantu menyejahterakan masyarakat.
Penulis : Widiya Prestiyaningrum
Share:

1 komentar:

Warta Smeksapur